7 Teknik Mendinginkan Emosi




sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1414260









7 Teknik Mendinginkan Emosi



Dalam sebuah hubungan, pertengkaran memang tidak bisa dihindari. Jika tidak hati-hati, masalah kecil akan menjadi besar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, simak tips mendinginkan suasana ini.


1. TenangAmbil jeda waktu beberapa menit ketika muncul perasaan ingin 'meledak'.Anda bisa pergi ke ruangan lain dan lepaskan 'ledakan' itu di sana. Bila perlu, ambil waktu lebih panjang. Setelah tenang, temui kembali pasangan dan selesaikan masalah dengan kepala dingin.


2. Hindari Kata 'Selalu' Dan 'Tidak Pernah'"Kamu selalu begitu" atau "Kamu tidak pernah mengerti perasaanku". Ucapan ini sering terlontar ketika kita marah pada pasangan. Padahal, penggunaan kata-kata ini akan semakin memperuncing pertengkaran. Hindari ucapan tersebut atau coba katakan lebih spesifik dan jelas.


3. Stop BerultimatumApa pun masalahnya, pertengkaran bukan akhir sebuah hubungan. Jadi, jangan mengeluarkan ultimatum atau mendeklarasikan hubungan Anda telah berakhir.Fokuskan perhatian pada inti masalah. Jangan biarkan diri Anda terbawa suasana.


4. Jangan Katakan "Aku benci Kamu"Apa pun yang Anda rasakan saat bertengkar, jangan pernah sekali pun mengeluarkan ungkapan benci. Apalagi jika sebenarnya Anda tidak bermaksud seperti yang Anda katakan. Ungkapan seperti, "Aku benci kalau kamu bersikap seperti itu", akan lebih enak didengar dibandingkan "Aku benci padamu".


5. ToleranTaktik bagus untuk menenangkan dan mendinginkan suasana adalah dengan berkata lembut dan halus pada pasangan yang sedang 'panas' hati.Bersikaplah lebih toleran, sabar dan tempatkan diri Anda di posisinya. Jika Anda tak pernah melakukan hal ini pada pasangan, jangan harap dia akan berbuat sama pada Anda.


6. Jangan Akhiri Pertengkaran Dengan Pertengkaran Maksudnya, jangan mengomentari pertengkaran yang telah lewat secara berlebihan. Tidak penting siapa yang mulai menyela atau berteriak, jika Anda dan dia telah setuju dan berdamai. Hentikan tindakan atau ucapan yang dapat menyulut pertengkaran baru.


7. "Maaf"Kata ini memang memiliki kekuatan magis yang besar dan bekerja sangat baik dalam menyelesaikan pertengkaran. Mintalah maaf kalau pernah berlaku tidak baik selama pertengkaran, meski Anda merasa tidak bersalah dalam pertengkaran tersebut.Bagian terbaik dari sebuah pertengkaran adalah saat berbaikkan. Jadi, berbaikanlah. Nyatakan perasaan cinta Anda dan peluk dia!